Senin, 12 Mei 2014

Curhatan Masa Peralihan

Masa-masa SMA mungkin memang masa yang indah, banyak yang bilang sih begitu soalnya masa itu tuh banyak kenangan dan hal baru yang kita dapet. Temen-temen yang aneh, guru-guru yang juga aneh, pacaran dikelas, madol sekolah, telat sekolah, upacara bendera, ekskul, disukain ade kelas, nyukain ade kelas, gebet cewe sekolah lain, tawuran, judi, dan banyak lagi pastinya. Memang proses masa SMA itu tuh butuh banget buat hidup, karena dari sana kita bisa banyak belajar dari segala hal. Tapi yang namanya pendidikan ga cuma berhenti di SMA, memang banyak yang udah lulus SMA langsung kerja, tapi pengalam pendidikan cuma berhenti di SMA itu kurang menurut gua. Yaa kita harus coba namanya kuliah, walaupun memang ga semua teman-teman kita bisa ngerasain kuliah karena emang kuliah butuh namanya dana.

Masa kuliah buat gua tuh masa kita buat hidup lebih realistis, gabisa lagi kita manja kaya SMA yang apa ini apa itu ada Guru, kuliah itu bikin kita emang harus mandiri dan emang bikin kita dewasa, kenapa? Ya karena masa kuliah ga kaya SMA yang bisa santai, kalo lu kuliah santai ya masa depan lu juga bakal dateng dengan santai yang entah kapan. Pertama gua masuk kuliah memang pikiran gua masih keinget yang namanya masa SMA, gua juga masih mikir kalo pelajrannya itu masih kaya SMA dan caranya pun kaya SMA, tapi ternyata semua itu gak bener. Kuliah lebih berat seakan kita harus dibuat berpikir terus selama hidup, napas aja juga harus mikir kali. Apalagi gua ini anak kuliah perantauan yang sekarang bakal hidup di kota orang demi pendidikan. Jadi anak kost inilah yang buat kuliah makin berat rasanya, bayangin biasa kita dirumah tidur nyaman, makan ada terus, kemana-mana enak, duit tinggal minta, dan semua hal enak di rumah tuh seakan hilang saat lu merantau jadi anak kuliahan.

Pertama kali gua jadi anak rantau memang homesick banget, apa-apa pengen pulang aja rasanya, penderitaan lagi ngelihat temen kost yang bisa pulang tiap minggu karena dari kota tempat kuliah sama rumahnya hanya beberapa kilo meter ga kaya gua yang jaraknya beratus kilo meter. Tapi gua tetep jalanin ini semua dan gua asikin sih pastinya, pahit emang rasanya tapi itu cuma di awalnya aja lambat laun pasti kita nemuin kebahagian di kota rantau kita ini. Jadi anak kost itu juga menyenangkan kok, lu bisa bebas, bisa pergi kemana aja entah mau pulang jam berapa, mau kamar berantakan juga bisa. Tapi yang lebih seru tuh kita punya temen yang sama kaya kita yaitu anak rantau, temen kost tuh mungkin jadi orang pertama yang lu deket pas disini, karena tanpa mereka lu bakal susah hidup apalagi merantau gini. Semakin lu nikmatin hidup lu merantau semakin dapet kebahagiaan akan kota rantau lu, ya itu sih yang gua rasain sekarang.

Teman-teman kuliah, teman kost, susana kota dan lainnya yang ada disini bikin gua bisa lebih hargai hidup. Mungkin memang alur hidup seseorang yang memilih buat merantau jadi mahasiswa tuh kaya gini Homesick - mencoba dijalanin - mulai menikmati - semakin menikmati - sangat semakin menikmati - lebih sangat semakin menikmati - saking menikmatinya kuliah lebih dari 4 tahun! - lulus kuliah males balik ke kota asal. Kalo menurut gua sih gitu, soalnya kita juga bakal berat ninggalin semua yang kita mulai dari nol. Mungkin gua bakal sedih sih kalo setelah lulus nanti gua bakal cabut dari kota rantau gua ini, segala sesuatu gua dapet disini dan semua dari nol. Kita tuh memulai kehidupan baru kita dan kita tuh bener-bener mulai semua dari awal kecuali dari lahir yah, aneh banget lu lahir langsung merantau. Jangankan gua yang misalnya bakal pergi, temen gua yang udah pasti lulus duluan dan bakal kembali ke pangkalan duluan aja berat banget rasanya lihat dia pergi, bukan karena dia lulus duluan dan pinter duluan tapi karena kita temenan dan sesama perantau dan udah jadi temen banget tapi kita pisah karena masa kuliah usai dan entah kapan ketemu lagi, itu pasti berat banget jadi dia dan jadi temen-temen deket lainnya.

Buat kalian yang mungkin ga ngerasain namanya merantau bersyukurlah kawan kesedihan kalian cuma sedih teman kalian pergi dan ga ngerasain gimana sedihnya ninggalin kota kalian ini. Karena anak rantau yang bakal pergi ninggalin kota rantaunya tuh kaya kehilangan dompet sama isinya yang ada di dompet, yaa sudah harus ninggalin temen yang udah nemenin kita pas sendiri disini ditambah lagi harus ninggalin kota yang ngasih segala pengalam berharga disini karena semuanya itu ga mungkin bakal keulang, mungkin kita bisa aja balik lagi kesini bisa aja liburan atau apa tapi semua bakal beda rasanyaa saat kita merantau disini. Kaya kalian datang ke SMA kalian, kita kangen-kangenan tapi kita cuma bisa inget masa lalu gabisa kita rasain kangen itu, yang bisa kita rasain cuma kenangannya aja. Jadi, jangan sia-siakan kehidupan ini kawan, jangan terlalu merasa kalo hidup yang lu jalanin itu ga ada yang seru, jangan nunggu keseruan itu tapi kita buat keseruan itu bukan kita tunggu! ciptakan moment jangan tunggu moment, kata-kata yang gua dengar dari sebuah film dan itu tepat banget, kaerna kebahagian kita yang buat.

Thank you for you who are present in this life, especially you and my best friend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar